Sekilas Perumahan Griya Bukit Jaya Gunung Putri Bogor

Perumahan Griya Bukit Jaya Gunung Putri Bogor

Perumahan Griya Bukit Jaya (GBJ) adalah salah satu perumahan yang ada di Kecamatan Gunung Putri Kabupaten Bogor Propinsi Jawa Barat. Letaknya ada di pinggir jalan raya antara Bogor dan Bekasi, sekitar km 3,5 dari arah pintu tol Gn. Putri.

perumahan griya bukit jaya
Lokasi kecamatan Gunung Putri terletak di bagian utara dari kabupaten Bogor, berbatasan dengan Cibubur, kabupaten Bekasi bagian selatan dan kodya Depok. Dari arah Jakarta atau Bogor, daerah Gn. Putri antara lain dapat dijangkau lewat tol Jakarta – Bogor (Jagorawi), dan keluar di pintu tol Gunung Putri atau pintu tol Kranggan.

Angkutan umum menuju Griya bukit jaya sudah ramai. Diantaranya dilewati oleh angkot jurusan Cileungsi – Cibinong / Citeureup, dan Wanaherang – Cibinong / Citeureup dan beroperasi 24 jam. Dari arah terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, bisa menggunakan angkot nomor 91 jurusan Kp. Rambutan – Gunung Putri. Rute akhir angkot 91 Kp, Rambutan - Gn. Putri kebetulan persis di samping gerbang perumahan GBJ.

Perumahan Griya Bukit Jaya memiliki dua buah gerbang yaitu gerbang utama di sebelah timur dan gerbang alternative di sebelah barat. Diantara keduanya dihubungkan oleh jalan utama yang membelah perumahan menjadi utara dan selatan. Kebanyakan kegiatan usaha atau bisnis berada di kiri-kanan sepanjang jalan penghubung ini. Dulu status jalan ini adalah murni jalan perumahan. Belakangan jalan tersebut diambil alih statusnya menjadi jalan kabupaten karena pengguna jalan tersebut makin banyak.

Perkembangan perumahan GBJ bisa dibilang sangat pesat. Perumahan GBJ ini pada tahun 2000 masih belum banyak dihuni. Rumah kosong, tanah kosong dan alang-alang mudah ditemui. Tahun 2014 perumahan Griya Bukit Jaya kurang lebih dihuni oleh 6000 kepala keluarga. Tanah kosong dan alang-alang disulap menjadi rumah dan ruko. Supermarket sekelas Superindo, Bank BNI dan BRI, kolam renang dan gedung olahraga, sudah ada di kawasan perumahan ini. Selain itu, fasilitas publik lainnya adalah sejumlah masjid, taman kanak-kanak (TK), lapangan badminton dan voli, serta beberapa balai RW.

Untuk daerah Gunung Putri, ruko yang ada di perumahan Griya Bukit Jaya dan pasar dadakan Blok C merupakan alternative belanja yang ekonomis. Masyarakat di luar perumahan banyak yang menjadikan ruko dan pasar tersebut untuk kegiatan jual beli kebutuhan sehari-hari.

Perumahan Griya Bukit Jaya Gunung Putri Bogor terdiri dari beberapa blok, diantaranya :

- Blok L, Blok M, (barat – selatan)
- Blok I (barat – utara)
- Blok N, Blok O (timur – selatan)
- Blok F, Blok G, Blok H (tengah)
- Blok C (timur – utara)
- Blok R dan Blok S (utara)

Untuk mobilitas antar blok, warga perumahan menggunakan sepeda, motor atau mobil pribadi. Satu-satunya sarana transportasi publik didalam kompleks perumahan adalah ojek.

Bagi sebagian, orang tinggal di perumahan pinggiran Jakarta merupakan alternative terbaik. Karena harga rumah dikawasan sub-urban tentu lebih murah dari pada di ibukota. Perumahan di sekitar kabupaten Bogor banyak diminati karena dianggap lebih “dingin” dari pada misalnya sekitar Tangerang atau Bekasi, walaupun tentu saja, anggapan seperti itu belum tentu benar. Namun, jika Anda setuju dengan anggapan itu, kawasan griya bukit jaya mungkin adalah salah satu opsinya.

Baca juga : Cerita Rakyat, Asal Usul Nama Gunung Putri

Salah satu kelebihan dari Griya Bukit Jaya Gunung Putri Bogor adalah kemudahan akses menuju perumahan tersebut dari tiga pintu tol yang berbeda. Yaitu dari arah pintu tol Gunung Putri, pintu tol Kranggan dan pintu tol Cimanggis. Sedangkan kelemahan perumahan tersebut yaitu tidak dilintasi oleh jalur kereta api. Selain itu jalan ke pintu tol terdekat sering macet.

0 Response to "Sekilas Perumahan Griya Bukit Jaya Gunung Putri Bogor"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *