5 Tempat Beli Batik Yang Paling Asyik

Bicara soal batik, hampir seluruh daerah di Indonesia punya motif dan corak batik-nya sendiri-sendiri. Misalnya batik Jogja, batik Solo, Pekalongan, Cirebon, bahkan Sorong. Motif dan corak batik tersebut dipengaruhi oleh kondisi alam, masyarakat serta budaya.

Para wisatawan banyak yang mencari batik dari ke lima daerah tersebut. Berwisata sambil belanja batik di 5 kota tersebut pastinya akan memberikan pengalaman yang berbeda. Dan bagi para wisatawan manca negara, batik sudah menjadi oleh-oleh khas Indonesia.

Jika Anda ingin membeli batik di kota-kota tersebut, berikut adalah 5 tempat beli batik yang paling asyik, yang layak Anda datangi.  

#1. Kampung Batik Ngasem, Yogyakarta

beli batik di kampung Ngasem

Belanja batik di pasar atau di toko batik mungkin sudah biasa dan nggak asyik. Jika demikian coba kunjungi Kampung Batik Ngasem di Yogyakarta. Ngasem adalah sentra indutri batik yang sudah dikenal sejak tahun 1970-an.

Di Kampung Ngasem banyak berdiri kios penjual batik, dan setiap harinya ramai dikunjungi pembeli. Disana dijual baju, kain batik, dan aneka barang berbahan batik seperti tas, taplak meja, sprei, sarung bantal dll.

Corak dan warnanya beragam. Demikian pula harga batik yang ditawarkan berlainan, tergantung kualitas.

#2. Kampung Batik Kauman, Solo

Di Solo, Pasar Klewer tentu saja dikenal sebagai pusatnya orang beli batik. Tapi pasar ya tetap saja pasar, ya begitulah suasananya.

Jika ingin beli batik yang asik punya, silakan kunjungi Kampung Batik Kauman Solo. Kauman merupakan sentra industri batik di kota tersebut. Di kampung batik Kauman kita dapat membeli batik tulis, batik cap, atau kombinasi batik tulis dan cap.

Batik Kauman Solo terkenal rapi, halus, coraknya juga cantik. Harga batik kauman berbeda-beda tergantung jenis kain dan kualitas. Batik tulis Kauman banyak dicari oleh para wisatawan.

Selain belanja, wisatawan yang datang juga bisa belajar membatik di kampung Kauman. Salah satu pabrik di sana menyediakan kelas untuk belajar membatik. Hmm .. asik dan seru !

#3. Batik Trusmi, Cirebon

tempat beli batik Trusmi Cirebon

Cirebon identik dengan kota rebon (udang kecil). Jika jalan-jalan ke sana jangan lupa bawa oleh-oleh kerupuk dan terasi udang khas Cirebon.

Selain itu ada juga batik khas Cirebon yang bisa dijadikan oleh-oleh. Jadi di Pantura selain batik Pekalongan ada juga batik Cirebon.

Tempat beli batik yang terkenal di Cirebon adalah Trusmi. Ini adalah nama sebuah kawasan yang isinya kios dan toko batik. Silakan pilih toko batik yang paling Anda suka di kawasan Trusmi tersebut.

Model batik Cirebon yang paling terkenal adalah Megamendung atau awan mendung. Motif batik ini banyak dipengaruhi oleh budaya Tiongkok. Beragam motif Megamendung dengan aneka warna dijual di kawasan batik ini.

Soal harga tergantung pada jenis dan bahannya. Sutera adalah bahan yang paling mahal. Sedangkan batik tulis adalah jenis batik yang paling mahal.

#4. Kampung Batik Medono, Pekalongan

Batik Pekalongan adalah ikonnya batik pesisir, bersama-sama dengan Cirebon dan Lasem. Di Pekalongan kita dapat mencari batik di kampung Medono Pekalongan, mungkin 90 persen diantaranya adalah pengrajin atau penjual batik. Harga batik di Kampung Medono jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga batik yang dijual di pasar atau toko. Ada berbagai macam jenis batik seperti batik sutera, batik mori, batik kain selendang dll.

Selain kampung Medono tempat belanja batik murah lainnya adalah kampung Kauman. Kampung batik Kauman berlokasi di dekat Masjid Besar atau Masjid Jami Pekalongan.

#5. Batik Sorong, Papua

batik sorong - papua

Di Papua ada batik ? Ups, jangan salah. Di Papua tepatnya di Sorong, kita tidak akan kesulitan menemukan toko penjual batik disana.

Salah satunya adalah seperti di Jl Samratulangi, Sorong. Ada beberapa toko batik yang dapat wisatawan kunjungi di sana. Masuk ke dalam, traveler akan menemukan banyak pilihan batik, mulai dari kain hingga pakaian jadi.

Motif batik Sorong cukup beragam, semuanya khas Papua, seperti burung cendrawasih, tifa, sampai ukiran Suku Asmat.

Baca juga : Tempat Belanja Batik Murah di Yogyakarta
Serta baca : 7 Tempat Belanja Batik Murah di Solo

Pecinta batik memang beda sama pedagang batik. Batik mania kalau beli batik jangan ke pasar, tapi kunjungi tempat-tempat beli batik yang asyik punya. Betul ?

0 Response to "5 Tempat Beli Batik Yang Paling Asyik"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *