Membuat Permalink Seo Friendly di Blogspot

Membuat Permalink SEO Friendly di Blogspot

Permalink adalah alamat permanen url link yang akan menunjukkan ke postingan tertentu pada sebuah blog. Permalink sejatinya adalah sebuah alamat biasa, namun kita bisa mengoptimalkannya agar lebih mencerminkan isi sebuah postingan sesuai keywords yang dibidik, sehingga lebih ramah dimata search engine.

membuat permalink SEO friendly blogspot
Berbeda dengan Wordpress hosting sendiri yang bisa membuat permalink panjang sesuai keinginan kita tanpa terpotong , membuat permalink yang seo friendly di Blogspot harus lebih cermat. Blogspot membatasi jumlah karakter untuk permalink hanya sekitar 35 – 40 karakter. Sehingga apa yang hendak ditampilkan di permalink nantinya harus mencerminkan keywords yang dituju.
Karena url permalink selalu berkaitan dengan judul postingan, maka sebelum mempublish sebuah artikel, kita harus mengecek ulang panjang judul ertikel tersebut. Kita tentu tidak ingin url-nya nanti terpotong gara-gara terlalu panjang. Nah, pertanyaannya adalah bagaimana caranya membuat permalink seo friendly di blogspot agar lebih ramah dimata search engine Google, Yahoo atau Bing ?

Contoh sebuah permalink atau permanent link blogspot misalnya "http://salamov-rijadic.blogspot.com/2012/04/membuat-permalink-seo-friendly-blogspot.html", yang berwarna merah tersebut disebut permalink dari blogger.com

Misalnya kita akan menulis artikel tentang "bagaimana cara membuat permalink yang seo friendly di blogspot". Di Wordpress, permalink panjang tak masalah dan tidak akan teropotong. Namun tidak demikian halnya di blogger. Judul artikel sepanjang itu pasti terpotong karena jumlah kata melebihi 30-40 karakter. 

Lalu bagaimana caranya membuat permalink di blogspot lebih seo friendly ? Nah ikuti caranya sebagai berikut : 

1. Judul artikel yang pendek dengan membidik keyword utama.

Misalkan kita ingin menulis artikel tentang "bagaimana cara membuat permalink yang seo friendly di blogspot”. Karena kalimat tersebut terlalu panjang maka yang harus kita lakukan adalah memiilih keyword yang paling mewakili isi artikel seperti permalink, seo, friendly, blogspot, membuat, cara, bagaimana. Bila kira-kira masih terlalu panjang kurangi lagi sehingga menjadi kalimat yang lebih pendek namun masih mencerminkan isi artikel. Kalimat pendek yang kiranya masih mencerminkan isi artikel adalah “membuat permalink seo friendly blogspot”. Kata-kata umum seperti yang, di, cara, bagaimana kita buang.

2. Tulis ulang judul artikel sesuai keinginan.

Kalimat “membuat permalink seo friendly blogspot” tentu saja mewakili keyword utama yang kita bidik namun terasa kaku dan tidak human. Karenanya kita harus menulis ulang dengan menambahkan kata lain agar lebih human readable. Yaitu dengan menambah kata “yang” dan “di” misalnya. Sehingga judul artikel nanti menjadi “membuat permalink yang seo friendly di blogspot”. Jangan lupa juga memberikan link pada anchor text di tulisan yang diedit tadi ke postingannya sendiri. 

3. Publish ulang artikel.

Nah, sekarang judul artikel dan permalink-nya sudah sama-sama seo friendly.

Akhirnya patut dipahami bahwa SEO (On Page) itu sangat luas dan bukan hanya sekedar cara membuat permalink seo friendly di blogspot. Bila berminat belajar dan mendalami SEO lebih jauh Klik Disini.


1 Response to "Membuat Permalink Seo Friendly di Blogspot"

  1. Bagus...ne situs kamu...

    mampir ke tempat ane ya...dan gabung di
    FriendsGlad
    Friendsglad adalah Tempat share upload youtube dan photo kamu...bisa menaikkan traffik video yotube bro...

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *