10 Pasar Tempat Belanja Kerajinan Seni di Bali

Tempat belanja kerajinan seni di Bali

Para wisatawan yang datang ke Bali, baik domestik maupun manca negara, pasti ingin melengkapi perjalanan wisata mereka dengan membeli oleh-oleh khas Pulau Bali pada akhir kunjungan wisatanya. Sejumlah tempat belanja kerajinan dan benda seni Bali pun mereka datangi, baik atas dasar rekomendasi teman ataupun dari guide yang mengantar mereka. Cobalah cross check apa yang direkomendasikan teman atau guide Anda dengan beberapa tempat berbelanja di Pulau Bali berikut ini. Siapa tau Anda akan mendapatkan lokasi yang lebih dekat serta harga yang lebih murah.

tempat belanja kerajinan seni bali

Agar lebih jelas, siapkan dulu peta pulau Bali, termasuk peta kota dimana Anda menginap atau berkunjung. Lalu cari pasar seni dan tempat belanja di pulau dewata yang paling dekat atau paling ingin dikunjungi, sekaligus memperkirakan transportasi paling mudah menuju kesana.

Daftar 10 tempat belanja kerajinan seni murah di Bali :

1. Pasar Sukawati

Ini adalah tempat belanja favorite bagi para turis di Bali. Lokasi pasar Sukawati ada di desa Sukawati, Kabupaten Gianyar – Bali. Pasar ini dikenal sebagai pasar seni terbesar di pulau Bali. Dari bandara Ngurah Rai – Denpasar, pasar Sukawati bisa di tempuh sekitar 1 jam perjalanan.

Di tempat belanja ini dijual aneka macam pakaian dan benda-benda seni khas Bali. Sebagaimana pasar di tempat lain, pengunjung pasar Sukawati harus pintar-pintar menawar, agar mendapatkan harga yang lebih murah. Pasar seni terbesar di Bali ini buka pada pukul 08.00 – 15.00 (untuk pasar biasa) dan pada 10.00 – 17.00 (untuk pasar seni).

2. Pasar Guwang

Lokasinya ada di desa Guwang – Gianyar, tidak jauh dari pasar Sukawati, dan hanya berjarak sekitar 500 meter saja. Pasar Guwang termasuk pasar yang relative baru, dan dirancang untuk mendukung program kepariwisataan di Bali.

Kelebihan pasar Guwang adalah penataan kiosnya lebih rapi dan area parkirnya lebih luas. Sehingga, bus-bus pariwisata bisa memarkir kendaraan di pasar ini. Barang yang di jual di pusat belanja pasar Guwang ini tidak jauh berbeda dengan pasar Sukawati, dan pengunjung boleh menawar di pasar ini.

3. Pasar Seni Kuta

Lokasi pasar seni Kuta ada di dekat Pantai Kuta dan Jl. Kartika Plaza. Buka dari pukul 08.00 dan tutup sekitar pukul 19.00. Tempatnya sangat strategis karena berdekatan dengan pusat keramaian dan turisme di Bali. Banyak turis manca negara yang lewat dan mampir ke pasar seni Kuta. Salah satu yang sering di cari turis asing adalah kaos Bali yang tipis dan cocok dipakai di daerah tropis. Benda seni seperti patung dan lukisan khas Bali banyak juga di jual di tempat belanja yang murah ini.

4. Pasar Ubud 

Pernah nonton film “Eat, Pray, Love” yang dibintangi si cantik Julia Roberts ? Nah, salah satu lokasi shootingnya adalah di Pasar Ubud ini. Lokasi pasar ini tepat di depan Puri Agung Saren Ubud di simpang Jl. Monkey Forest. Bertempat di tengah-tengah Ubud membuat keberadaannya sangat strategis. Wisatawan yang datang ke Ubud kebanyakan akan mampir ke pasar yang eksotik ini.

Pasar Ubud tergolong luas. Di tempat belanja ini dijual bermacam-macam kerajinan seni seperti tas anyaman, pakaian khas Bali, patung, lukisan dll. Jika Anda berminat datang ke sini, datanglah lebih awal, karena biasanya semakin siang akan semakin banyak wisatawan asing yang datang. Jangan lupa menawar untuk memperoleh harga yang lebih murah.

5. Pasar Badung 

Pasar ini berlokasi di kawasan perdagangan yang sibuk yaitu di Jl. Gajah Mada – Denpasar. Tidak jauh dari pasar ini ada Jl. Sulawesi yang terkenal sebagai tempat belanja kain kebaya dan pakaian tradisional Bali.

Barang yang dijual di pasar Badung boleh dibilang lengkap. Diantaranya : benda seni, perlengkapan upacara adat, hiasan rumah, tempat oleh-oleh dan wisata kuliner Bali, produk garmen, dll.

6. Krisna Bali

Lokasi Krisna Bali terletak di Jl. Raya Tuban, Kuta – Bali. Kurang lebih 5 menit perjalanan dari Bandara Ngurah Rai (jika tidak macet). Krisna Bali merupakan pusat belanja oleh-oleh yang besar dan lengkap di Bali serta buka 24 jam non stop. Di sini antara lain dijual benda-benda seni, makanan khas Bali, serta pakaian bali dengan harga relative murah. Jika urusan wisata Anda sudah selesai namun Anda belum sempat membeli oleh-oleh Bali, maka tempat belanja ini mungkin tepat untuk dikunjungi.  

Berwisata di pulau dewata Bali rasanya sayang jika tidak membeli oleh-oleh atau pun kerajinan seni khas pulau tersebut. Beberapa pasar dan tempat belanja murah di Bali diatas semoga bisa melengkapi daftar destinasi wisata dan belanja Anda. (Bersambung).

0 Response to "10 Pasar Tempat Belanja Kerajinan Seni di Bali"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *