10 Tempat Belanja Murah di Yogyakarta

Yogyakarta atau Jojga adalah kota yang memiliki makna spesial bagi para pelajar dan mahasiswa. Yogyakarta merupakan salah satu kota yang memiliki sekolah dan perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di sekolah dan perguruan tinggi yang ada di kota ini. Itulah sebabnya Jogja terkenal sebagai kota pelajar dan mahasiswa.

Pelajar dan mahasiswa dari daerah yang menuntut ilmu di Jogja, berasal dari berbagai kalangan. Ada yang kaya dan ada yang pas-pasan. Jika dibandingkan, mungkin jumlah yang pas-pasan lebih banyak dari yang kaya (ini hanya perkiraan semata, dan mudah-mudahan perkiraan saya salah). Para mahasiswa yang pas-pasan ini otomatis lebih hemat dalam mengatur pengeluaran.

tempat belanja murah di yogyakarta

Tempat belanja murah di Yogyakarta

Di masyarakat Jogja beredar ungkapan, yaitu jika ingin tau toko, warung atau tempat belanja yang murah di Yogyakarta, maka cari saja toko, warung atau tempat belanja yang ramai didatangi para mahasiswa. Atau bertanya langsung pada mahasiswa dimana saja tempat-tempat belanja yang murah di Jogjakarta. Jawaban mereka biasanya merupakan sebuah petunjuk bahwa tempat tersebut memang menjual barang yang bagus kualitasnya tapi harganya murah.

Nah, dibawah ini adalah daftar 10 tempat berbelanja murah di Yogyakarta yang sering menjadi rujukan masyarakat di kota gudeg tersebut.

1. Pasar Beringhardjo

Pasar Beringharjo terletak di sebelah utara Benteng Vredeburg atau di ujung Selatan Jl. Malioboro. Tempat belanja yang terkenal ini sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda. Pasar Beringharjo merupakan tujuan wisata belanja batik yang utama di Jogja dengan jenis produknya yang sangat beragam. Kawasan belanja ini menjual koleksi batik terlengkap dengan ratusan los batik. Dari yang harganya puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu.

Koleksi batik kain berada di los pasar bagian barat sebelah utara. Sedangkan koleksi pakaian batik dapat dijumpai hampir di seluruh pasar bagian barat. Los pasar bagian barat juga menjual baju surjan, blangkon, dan sarung tenun. Sandal, tas, cinderamata, kerajinan, jamu dan jajanan khas Jogja dapat dijumpai di sekitar eskalator pasar bagian barat. Di tempat ini, anda bisa memilih berbagai macam model grosiran souvenir untuk pernikahan dengan harga yang sangat terjangkau. Untuk harga yang lebih murah kunjungilah lantai teratas.

Sekedar mengingatkan, pengunjung Pasar Beringharjo sangat ramai dan padat. Karena itu berhati-hatilah sebab banyak copet berkeliaran. Jaga dompet Anda dan jangan memakai perhiasan mencolok.

2. Jalan Malioboro

Jalan Malioboro merupakan kawasan belanja yang eksotik. Di sepanjang jalan ini pusat perbelanjaan modern dan para pedagang kaki lima bisa menjalankan usahanya saling melengkapi dan tidak ada yang terganggu. Para pedagang kaki lima menjual dagangannya di depan toko-toko modern dengan dipisahkan oleh selasar yang sekaligus juga merupakan tempat para pejalan kaki melintas. Para PKL menjual berbagai produk khas Yogyakarta, seperti aneka souvenir, seni kerajinan kayu dan perak, kain batik Jogja, pakaian batik, tas laptop bermotif batik, kaos batik, dekorasi rumah, sepatu, sandal, topi, tikar, asbak, minyak aroma terapi, makanan oleh-oleh Jogja, dan lain-lain.

tempat belanja murah di yogyakarta


Para pedagang di sepanjang Malioboro ini membuka lapaknya sejak pagi, jadi bagi yang tidak ingin berdesakan di tengah pasar Beringharjo, Anda bisa menjelajahi sepanjang jalan Malioboro untuk mendapatkan koleksi batik idaman. Pintar-pintarlah dalam menawar, karena biasanya pedagang pinggir jalan sering menaikkan harga hingga dua kali lipat. Jika Anda bisa berbahasa Jawa, maka itu adalah modal yang bagus untuk menawar harga barang di tempat ini.

3. Pasar Klithikan Pekuncen

Pasar Klithikan terletak di Jl. H.O.S. Cokroaminoto 34, Wirobrajan – Jogjakarta bagian barat. Pasar ini adalah surga bagi mereka yang hobi mengumpulkan barang-barang antik, barang bekas dan aksesoris motor. Pedagang disini menjual onderdil kendaraan, motor, handphone, perangko filateli, uang dan koin kuno, bahkan baju, ikat pinggang, tas, sepatu, sandal, televisi, keris, samurai, radio bekas, hingga gitar akustik pun ada. Pasar Klithikan seperti Jl. Surabaya – Menteng Jakarta yang banyak menjual barang kuno dan barang antik.

4. Toko Buku Shopping Center

Shopping Center Jogja adalah pasar buku yang terletak di kawasan Taman Budaya Yogyakarta. Bangunan toko buku shopping center menampung hingga 120 kios buku yang tertata rapi dan tergabung dalam Koperasi Pedagang Buku (KOPAKU) Yogyakarta. Segala macam buku dijual ditempat ini. Baik buku baru maupun bekas, buku pelajaran atau buku teks kuliah, buku politik, sosial, bahasa Inggris, kesehatan, novel, buku anak-anak, buku primbon sampai buku wayang dll. Di pusat belanja buku ini Anda bisa menawar buku idaman hingga harganya turun setengah dari harga asli. Harga buku yang sangat murah tersebut karena para pedagang langsung terima buku dari penerbit dan biasanya hanya mengambil untung sedikit.

5. Pasar Sepeda Pugeran (GAPPSTA)

GAPPSTA adalah singkatan dari Gabungan Pedagang Sepeda Bekas Jogjakarta. Sepeda yang dijual di Pasar Pugeran kebanyakan sepeda bekas, tapi jika teliti kita bisa mendapat sepeda bekas yang masih bagus. Harga sepeda yang ditawarkan di pasar sepeda Pugeran bervariasi, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Sepeda yang harganya mahal tentu saja adalah sepeda yang unik, sepeda antik atau sepeda tua. Semakin tua umur sepeda, harganya semakin mahal. Para pecinta sepeda unik banyak yang berburu sepeda ke pasar ini. Pasar sepeda Pugeran terletak di Jl. MT. Haryono, cukup strategis karena hanya berjarak sekitar 500 meter dari Pojok Benteng Kulon maupun Plengkung Gading.

6. Pasar Kasongan

Kasongan merupakan sentra kerajinan keramik di Jogjakarta. Terletak di Padukuhan Kajen yang berjarak 15-20 menit berkendara atau sekitar 6 km. ke arah selatan dari pusat kota.

Anda dapat menjumpai berbagai aneka motif pada keramik, atau memesan jenis motif seperti burung merak, naga, bunga mawar dan banyak lainnya. Ada mainan anak-anak seperti alat bunyi-bunyian, katak, celengan, serta keperluan dapur seperti kuali, pengaron, kendil, dandang, kekep dan lainnya. Di sepanjang bahu jalan juga menjual berbagai barang hias mulai dari asbak rokok kecil atau pot bunga yang tingginya mencapai bahu orang dewasa. Produk yang dijual juga masih termasuk kerajinan lokal seperti kerajinan kayu kelapa, kerajinan tumbuhan yang dikeringkan atau kerajinan kerang.

7. Pasar Seni Gabusan

Pasar Gabusan berlokasi di Jl. Parangtritis km 9,5 Bantul Yogyakarta. Pasar ini menjual kerajinan dari bemacam-macam bahan dasar, seperti rotan, kulit, logam, kayu, tanah liat sampai eceng gondok. Kerajinan yang dijual misalnya tas rotan, kotak anyaman bambu, tempat lilin, topeng dari kulit, bunga dari kayu, aneka guci, pigura, tempat pensil, dan pernak pernik kecil lainnya.

8. Desa Wisata Gamplong

Desa wisata Gamplong terletak di Jl. Raya Wates km 14 di barat kota Jogja. Transportasi menuju desa ini cukup mudah. Desa Gamplong menghasilkan kerajinan anyaman yang cukup digemari seperti taplak meja, penutup tudung saji, sampai tas anyaman yang murah. Perajin anyaman Desa Gamplong masih mengandalkan alat tenun tradisional.

Kerajinan anyaman desa Gamplong terbilang unik, karena aneka anyaman tersebut dibuat dari bahan yang “tidak umum” seperti eceng gondok, lidi kelapa, dan akar wangi. Untuk mendapatkan harga terbaik, silakan menawar agar bisa lebih murah lagi.

Yang unik adalah, selain belanja, kita juga bisa belajar menganyam atau menenun disini. Para pengrajin dengan senang hati akan mengajarkan teknik menganyam agar menghasilkan karya seni yang indah.

9. Desa Manding

Desa Manding terletak di persimpangan jalan Parangtritis km. 11, atau tepatnya di jalan DR. Wahidin Sudiro Husodo, Manding, Sabdodadi, Bantul, sekitar 15 km. dari pusat kota Jogja ke arah selatan menuju Pantai Parangtritis.

Desa Manding merupakan sentra desa wisata kerajinan kulit di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Desa ini memiliki sekitar 40 usaha kulit tradisional yang dikerjakan oleh ratusan warga. Produk kerajinan kulit yang dihasilkan oleh kawasan ini misalnya jaket, sepatu, sandal, tas, ikat pinggang, dompet, serta berbagai aksesoris dari kulit seperti pigura dan gantungan kunci.

Sebagian besar hasil kerajinan kulit disini dibuat dari kulit sapi dan diproduksi secara rumahan. Walau demikian, hasil kerajinan kulit desa ini telah banyak diekspor ke manca negara.

10. Kota Gede

Kota Gede merupakan salah satu destinasi wisata belanja di Jogjakarta. Jika ingin membeli kerajinan perak yang asli, harganya murah, dengan model terbaru maka Kota Gede adalah tempatnya. Di pusat kerajinan perak Kota Gede, kita bisa mengunjungi banyak toko perhiasan di kota tersebut.

Kota Gede bukan hanya menawarkan aneka kerajinan perak, tapi juga kerajinan emas. Berbagai kerajinan perak dan emas dijual di sejumlah galeri di Kota Gede. Misalnya kerajinan perak berupa miniatur Candi Borobudur atau Candi Prambanan. Selain itu juga dijual bermacam-macam anting, gelang, kalung, bross, dll. Lokasi wisata belanja Kota Gede adalah di sebelah Tenggara kota Jogjakarta.

Itulah daftar 10 tempat belanja murah di Yogyakarta. Jika Anda tau tempat yang lain, silakan melengkapi.

2 Responses to "10 Tempat Belanja Murah di Yogyakarta"

  1. wah kalau buat belanja pernak-pernik kurang tau dimana , tp kalau belanja soal komputer taulah tempatnya

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *