Perlengkapan Kecil Yang Wajib Dibawa Saat Umroh

Perlengkapan kecil ini wajib dibawa saat umroh

Ibadah umroh di tanah suci Mekah dan Madinah berlangsung sekitar 10 hari. Itu dihitung sejak jamaah berangkat sampai pulang kembali ke tanah air. Jamaah pasti ingin memanfaatkan waktu yang singkat tersebut untuk beribadah pada Allah SWT dengan sebaik-baiknya. Mereka tidak ingin diganggu oleh hal apapun apalagi yang kelihatannya sepele, misalnya tentang perlengkapan-perlengkapan kecil

perlengkapan kecil untuk ibadah umroh

Untuk itu jamaah umroh perlu mempersiapkan diri secara maksimal agar selama di tanah suci tidak sibuk dan pusing sendiri akibat melupakan hal-hal kecil yang sesungguhnya bisa diantisipasi.

Berikut dibawah ini daftar perlengkapan kecil yang wajib dibawa atau sebaiknya dibawa saat umroh agar ibadah berjalan lebih khusyuk tanpa gangguan.

Sandal dan kantong plastik 

Ibadah umroh, dan juga haji, adalah ibadah yang membutuhkan kondisi fisik yang sehat. Saat menunaikan umroh, jemaah akan banyak berjalan kaki. Misalnya Sai, Thawaf, melempar jumroh, ataupun berjalan kaki antara masjid dan tempat menginap dll. Untuk itu gunakan sandal atau alas kaki yang cocok untuk berjalan kaki jarak jauh. Pilih sandal yang ringan, nyaman, tidak menyebabkan lecet, ataupun cedera otot. Tidak masalah menggunakan sandal jepit atau sandal jalan. Faktor kenyamanan hendaknya diutamakan, sedangkan penampilan nomor dua.

Selain sandal bawa juga kantong plastik atau kantong kresek. Kenapa ? Sebab, sandal itu nantinya akan dijinjing saat masuk masjid, dan kantong plastik itu untuk bungkus atau penyimpan alas kaki. Demi kemudahan saat keluar masuk masjid, banyak jamaah yang memilih tidak menitipkan alas kakinya di penitipan, namun menenteng atau memasukkannya ke dalam tas sendiri.

Botol air minum kosong

Cuaca panas dan terik di tanah suci bisa membuat jamaah terserang dehidrasi. Karena itu ketika ber-umroh disarankan selalu membawa botol air minum kosong untuk diisi ulang dengan air zam-zam, baik Masjidil Haram ataupun di Masjid Nabawi. Membawa botol air minum kosong selain lebih hemat, lebih praktis juga demi alasan kesehatan. Air zamzam sudah dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, kita bisa minum air zam-zam setiap saat dari persediaan kita sendiri, Jadi, tak perlu khawatir bakal terkena dehidrasi selama di perjalanan.

Pakaian yang cukup  

Berapa jumlah pakaian yang mesti dibawa jamaah sangat tergantung pada kebutuhan masing-masing. Jika persediaan pakaian tidak cukup bisa dengan mencuci pakaian atau pun dengan menjemur baju bekas pakai. Tapi menggunakan baju bekas pakai ada batasannya. Dalam situasi ini perhitungkan kenyamanan orang lain dan juga kenyamanan diri sendiri. Misalnya pakaian sudah bau atau kemungkinan gatal-gatal karena pakaian lembab. Untuk menjemur baju bekas pakai lebih baik menggunakan hanger atau gantungan baju. Sehingga kamar tetap terlihat rapi.

Identitas koper / bagasi 

Jumlah jemaah umrah setiap tahunnya selalu meningkat. Apalagi pada musim liburan anak sekolah. Bayangkan ada ribuan koper yang tampak mirip jika Anda berada di bandara, hotel, bus dll. Biasanya setiap koper memang telah diberi identitas khusus seperti nama pemilik, nama agen perjalanan, tali warna dll. Namun kenyataannya jamaah masih banyak yang kebingungan menemukan kopernya sendiri. Apalagi untuk jamaah yang berusia lanjut. Banyak waktu yang terbuang hanya untuk mencari-cari kopernya dimana.

Untuk mengatasinya, tuliskan nama identitas di koper sebesar-besarnya dan berbeda dengan identitas lain. Semakin eye catching semakin baik. Disarankan tulis nama di koper dengan tip-ex, spidol atau apapun dengan ukuran besar serta identitas jelas.

Kaus kaki

Nah kalau yang ini untuk jamaah umroh wanita. Saat umroh, para jemaah akan banyak menghabiskan waktu di masjid. Kaus kaki akan sangat penting karena alas kaki tidak diperbolehkan masuk masjid. Tak cukup hanya membawa satu atau dua pasang. Perhitungkanlah satu hari akan membutuhkan satu pasang kaus kaki. Jadi, sekali pakai selesai karena kaus kaki yang kita pakai akan sangat kotor dan lembab.

Itulah daftar perlengkapan kecil yang wajib atau sebaiknya dibawa saat menjalankan ibadah umroh. Semoga ibadah umrah-nya makin khusyuk ya ?

0 Response to "Perlengkapan Kecil Yang Wajib Dibawa Saat Umroh"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *