9 Tips Agar Menjadi Haji Mabrur

Tips agar menjadi haji mabrur

Menjalankan ibadah haji ke Tanah Suci di Mekah merupakan kewajiban bagi setiap Muslim yang mampu baik secara fisik maupun harta. Dan setiap jamaah calon haji pasti dirinya ingin agar menjadi haji yang mabrur. Pertanyaannya, bagaimana caranya agar menjadi haji mabrur ?

agar menjadi haji mabrurUstaz Abdul Muhith Murtado, Ketua Bidang Dakwah Jakarta menyebutkan bahwa setidaknya ada sembilan hal atau tips yang mesti diperhatikan agar ibadah haji seseorang menjadi haji mabrur.

Pertama, bagi mereka yang telah memiliki kemampuan untuk menunaikan ibadah haji, maka hendaklah membulatkan tekad dan menguatkan azam. Konkretnya yaitu, "Dengan segera mendaftarkan diri dan tidak menunda-nundanya," demikian Ustaz Abdul saat dihubungi Republika Online pada Kamis (3/9).

Kedua, meluruskan niat dengan cara ikhlas beribadah haji hanya karena Allah SWT.

Ketiga, mempersiapkan diri sebelum berangkat haji dengan taubat nashuha dan mengembalikan titipan-titipan atau amanah-amanah kepada pemiliknya. Termasuk dalam kaitan ini, menyelesaikan hutang-piutang, meminta keridhaan orang tua jika masih hidup termasuk kepada kerabat terutama jika ada masalah di antara mereka.

"Dan memberikan nafkah kepada anak-anak, istri dan orang-orang yang berada dibawah tanggung jawabnya selama ditinggal," katanya.

Keempat, sebelum berangkat ibadah haji, yang bersangkutan harus memastikan bahwa bekal yang dibawanya adalah baik dan halal.

Kelima, berusahalah bergabung dengan rombongan atau kawan yang baik, yang bisa membantu dan saling memotivasi dalam kebaikan.

Keenam, calon haji mesti melaksanakan safar dengan adab-adab yang diajarkan oleh Islam.

Ketujuh, menghiasi diri dengan akhlak mulia.

Kedelapan, memperbanyak amal kebaikan dan menjauhi segala kemaksiatan selama melaksanakan ibadah haji.

Kesembilan, melaksanakan ibadah haji sesuai dengan manasik hajinya Rasulullah.

Itulah sembilan tips agar menjadi haji yang mabrur. Semoga. (Sumber : Republika)

0 Response to "9 Tips Agar Menjadi Haji Mabrur"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *