Makna dan Arti Cincin Pernikahan di Jari Manis

Pernah lihat pasangan pengantin memakai cincin pernikahan selain di jari manis ? Di jari telunjuk kelingking atau jempol misalnya ? Hmm, rasanya ngak pernah ya ....

Cincin pernikahan atau cincin kawin tidak cuma populer di kalangan calon pengantin yang akan menikah, tapi juga penuh dengan arti dan makna simbolik. Cincin pernikahan bukan sekedar cincin perhiasan biasa, tapi merupakan simbol ungkapan cinta dan janji setia diantara mereka berdua.


Menurut hikayat, tradisi cincin pernikahan sudah ada sejak jaman Mesir kuno. Masyarakat Mesir kuno memanfaatkan tanaman yang tumbuh di sepanjang sungai Nil seperti alang-alang dan papyrus untuk kemudian dianyam atau ditenun membentuk sebuah lingkaran cincin. Selanjutnya tradisi ini lalu masuk dalam upacara perkawinan Yahudi dan Kristen. Ketika itu sudah lazim pengantin wanita diberikan sebuah cincin pada saat ia menikah. Dalam perkembangannya cincin kawin atau wedding ring bukan hanya dipakai oleh mempelai wanita, melainkan juga oleh mempelai pria.

Arti cincin pernikahan di jari manis 

Bentuk lingkaran pada cincin pernikahan punya makna keabadian (eternity). Selain itu karena bentuk lingkaran tidak memiliki awal dan tidak memiliki akhir, maka cincin kawin juga punya arti tak terhingga atau tak terbatas (infinity). Jadi bentuk lingkaran cincin pernikahan berarti ikatan cinta dan kesetiaan yang abadi dan tidak terbatas diantara kedua calon mempelai.

Biasanya cincin perkawinan dikenakan pada jari manis atau jari keempat tangan kiri. Konon, menurut kepercayaan hal itu karena pembuluh darah (vena) jari keempat tangan kiri tertuju langsung ke jantung pemakainya. Tidak ada alasan keagamaan ataupun sejarah tertentu yang menjadi dasar kenapa cincin pernikahan biasa dikenakan di jari manis tangan kiri. Karena, beberapa bangsa Eropa jaman dulu ada yang mengenakan cincin kawin di jari tangan kanan.

Bangsa Cina punya argumen tersendiri mengapa cincin kawin dikenakan di jari manis atau jari keempat. Berikut ini adalah video dari YouTube yang menjelaskan mengapa cincin kawin dikenakan di jari manis atau jari keempat tangan kita tersebut.

Alasan cincin kawin atau cincin pernikahan dikenakan di jari manis di YouTube


Cincin kawin berbentuk polos

Salah satu bentuk yang paling populer adalah cincin kawin emas berbentuk polos. Cincin emas polos sering dianggap sebagai bentuk tradisional dari sebuah wedding ring. Sampai sekarang masih banyak yang meminati cincin kawin polos karena kesederhanaan dan kepraktisannya. Mereka yang menyukai cincin pernikahan emas polos biasanya adalah mereka yang bergaya hidup aktif. Alasannya karena lebih simple, cincin mudah dirawat dan dibersihkan dll.

Cincin pernikahan berhias berlian

Berlian (diamond) adalah batu mulia yang kerap digunakan sebagai hiasan pada cincin kawin karena kecantikan dan makna simboliknya yang mendalam. Berlian telah lama dikaitkan sebagai simbol cinta yang abadi, karena sifat berlian yang juga abadi. Tak tergores, tak berubah bentuk dan selalu memancarkan cahaya yang indah. Berlian adalah ikon sempurna untuk melambangkan cinta dan kesetiaan pasangan yang menikah tersebut.

Batu mulia lainnya bisa juga digunakan sebagai hiasan pada cincin pernikahan. Baik secara sendiri ataupun bersama-sama dengan berlian. Setiap batu mulia memiliki makna dan arti simboliknya masing-masing.

Perubahan fisik tidak merubah arti dan makna cincin kawin

Jaman berganti, berbagai peradaban datang dan pergi. Cincin pernikahan telah mengalami banyak perubahan secara fisik dari sekedar anyaman atau tenunan dari tanaman alang-alang dan papyrus yang amat sederhana, menjadi bentuk wedding ring yang begitu indah seperti yang kita kenal sekarang ini.

Walaupun secara fisik bentuknya berubah, namun makna dan arti cincin pernikahan tersebut tidak berubah, atau tetap sama dari dahulu hingga kini, yaitu sebagai simbol cinta dan kesetiaan antara dua insan yang melangsungkan perkawinan.

Jika dilukiskan dengan kata-kata, dengan memberi hadiah pernikahan berupa cincin seolah-olah calon mempelai ingin berkata pada pasangannya : “Aku mencintaimu, atau aku ingin bersamamu selamanya, atau engkau adalah milikku”.

Itulah arti serta makna cincin pernikahan secara umum seperti yang dipahami dari jaman ke jaman. Sedangkan arti cincin kawin secara khusus atau personal tentu masing-masing pasanganlah yang lebih mengerti dan memahami. Tapi apapun itu, arti dan maknanya tidak akan jauh-jauh dari cinta dan kesetiaan.

Baca juga : Cara Mengeluarkan - Melepas Cincin Dari Jari Bengkak + Video

Nah, apa arti cincin pernikahan menurut Anda ? Silakan berbagi pada kami.

0 Response to "Makna dan Arti Cincin Pernikahan di Jari Manis"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *