Perbedaan Antara Tongsis (Selfie Stick) dan Monopod

Perbedaan utama antara tongsis dan monopod : Tongsis adalah sejenis monopod yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan ponsel atau kamera mereka pada sebuah tongkat dan melakukan swa foto secara remote. Sedangkan monopod adalah tiang yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan kamera, kamera video, teropong atau senapan untuk mendapatkan hasil shoot ataupun pemotretan yang presisi.

Minat besar orang pada selfie telah menghasilkan banyak penemuan alat yang membantu dalam mengambil foto narsis. Sebagian orang diuntungkan dengan penemuan inovatif ini. Tapi sebagian yang lain menyesalkan karena alat tersebut mendukung kebiasaan narsis. Apapun cara pandang terhadap hal ini, nyatanya ini adalah trend yang sedang marak di era smartphone sekarang ini.

Perbedaan tongsis dan monopod

Masyarakat sering dibuat bingung dengan perbedaan antara tongkat narsis dan monopod, karena dari sisi penampilan keduanya tampak sangat mirip. Namun, jika berpatokan hanya pada penampilan, kita bisa keliru. Tongkat narsis dan monopod digunakan untuk tujuan yang sangat berbeda.

Tongsis – selfie stick

perbedaan monopod dan tongsis

Tongsis atau selfie stick adalah sejenis monopod yang dimodifikasi agar sesuai dengan karakter smartphone. Tongkat ini merupakan tiang kecil yang bisa dipanjangkan yang dapat membuka sedikit lebih lama untuk mengambil foto dari jarak jauh.

Salah satu ujung tongsis berfungsi sebagai pegangan, sedangkan ujung yang lain merupakan penjepit. Tongsis dilengkapi dengan tombol remote atau kontrol Bluetooth yang memungkinkan pengguna mengambil foto. Manfaat tongsis adalah jika kita ingin mengambil swa foto dalam kelompok besar. Sedangkan kelemahan tongsis yaitu cukup riskan dari sisi keamanan, karenanya tongsis banyak dilarang ditempat tertentu.

Monopod

perbedaan tongsis dan monopod

Sedangkan monopod atau juga dikenal sebagai unipod adalah tiang yang digunakan untuk mendukung alat seperti kamera, kamera video, teropong dan senapan agar bekerja dengan presisi. Monopod sangat membantu agar perangkat stabil dan tidak mudah goyah.

Monopod biasanya digunakan oleh fotografer untuk mengambil gambar yang tajam pada kecepatan rana lebih lambat, dan / atau dengan lensa panjang fokus lebih lama. Dan bagi seorang sniper, monopod dapat disematkan pada senapan untuk menembak sasaran yang telah ditarget.

Bentuk monopod mirip dengan tripod, namun hanya memiliki satu kaki. Beda lainnya tripod memungkinkan kamera untuk bisa berdiri sendiri, sementara monopod membutuhkan seseorang untuk memegang pod-nya.

Biasanya tongkat selfie lebih pendek dibandingkan dengan monopod. Tapi ini tidak mutlak. Selain itu ada juga perbedaan dalam hal cara menggunakannya.

Perbedaal lain antara tongsis - selfie stick dan monopod

Tongsis - Selfie stick
Monopod
 Definisi
Sejenis monopod yang memungkinkan pengguna untuk menempatkan ponsel atau kamera mereka pada sebuah tongkat dan melakukan swa foto secara remote.
Tiang yang digunakan untuk mendukung alat seperti kamera, kamera video, teropong dan senapan agar bekerja dengan stabil dan hasilnya presisi.
 Pengguna
Masyarakat biasa
Fotografer, penembak jitu 
 Tujuan penggunaan
Untuk memudahkan dalam mengambil swa foto
Untuk mendapatkan hasil shoot atau pemotretan yang tepat 


1 Response to "Perbedaan Antara Tongsis (Selfie Stick) dan Monopod"

  1. Ternyata beda ya antara Perbedaan Antara Tongsis (Selfie Stick) dan Monopod,,,, makasih infonya

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *