Keren, Aplikasi Mushaf Al Qur’an di Google Glass

Aplikasi Google Glass dan baca Al Qur’an ketika shalat 

Membaca ayat Al Qur’an merupakan salah satu sunnah dalam ibadah shalat. Nah, sekarang ada aplikasi yang bisa membantu seorang muslim dalam hal bacaan Al Qur’an saat menjalankan shalat. Namanya Aplikasi Mushaf Al Qur’an pada perangkat Google Glass

aplikasi mushaf Al Quran google glass
Aplikasi mushaf Al Quran di Google Glass bisa membantu seorang muslim jika ingin membaca surat dalam Al Qur’an yang cukup panjang. Atau jika makmum hendak ikut menyimak ayat Al Qur’an yang dibacakan imam, misalnya pada imam shalat tarawih yang bacaan surat Al Quran-nya panjang-panjang. 

Adalah Peter Gould, seorang pengembang aplikasi untuk Google Glass, yang memperkenalkan aplikasi Al Quran untuk kacamata canggih Google tersebut melalui akun Facebooknya, pada 27 Maret 2015.

Dengan menggunakan aplikasi mushaf Al Quran di Google Glass, seorang muslim dapat membaca Al Quran dalam shalat tanpa perlu memegang Al Quran di tangannya. Ia cukup memakai kacamata Google Glass sambil melakukan gerakan shalat dan membaca surat-surat Al Quran di aplikasi tersebut.

Pro dan kontra aplikasi mushaf Al Qur’an

Penemuan aplikasi mushaf Al Quran ini sedikit banyak menimbulkan pro dan kontra di kalangan muslim, tak terkecuali para netizen. Perdebatan diantara netizen timbul karena kecanggihan Google Glass tersebut dikhawatirkan akan mengurangi motivasi kaum Muslimin untuk menghafal Al Quran. Serta dikhawatirkan muncul ketergantungan jika aplikasi mushaf Al Qur’an tersebut diterapkan di masyarakat Muslim.

“Teman-teman, saya tidak akan mengambil aplikasi ini terlalu serius atau apapun sebagai pengganti menghafal dari Qu’ran.”

“Saya sadar itu akan menciptakan masalah misalnya secara teknis tentang suara dalam shalat, dan saya tidak menggunakannya ketika shalat – karena ini adalah percobaan.”

“Sebagai penggila gadget, saya hanya berpikir bahwa itu adalah hal yang keren untuk dieksplorasi, mungkin hal itu akan menyebabkan sesuatu yang baik atau seseorang jadi lebih  semangat belajar Qu’ran.”

“Ketika saya merancang beberapa aplikasi paling awal Al Quran untuk iPhone atau iPad, orang bertanya-tanya apakah hal itu diperbolehkan, atau apakah mereka perlu wudhu untuk memegang iPad atau iPhone?”

Hikmah dari aplikasi mushaf Al Quran

Kemajuan teknologi selalu melahirkan sisi plus dan minus, pro dan kontra. Demikian pula halnya dengan penemuan aplikasi mushaf Al Quran di Google Glass ini. Penemuan ini bagaimanapun telah memperkaya sarana untuk membaca Al Qur’an bagi seorang muslim. Setidaknya membaca Al Qur’an pada perangkat canggih seperti Google Glass adalah sesuatu yang keren buat anak muda. Dan bisa lebih memotivasi anak muda untuk mempelajari Al Qur’an. 


1 Response to "Keren, Aplikasi Mushaf Al Qur’an di Google Glass"

  1. Terimah kasih telah berbagi informasi.

    oia salam kenal
    dari
    Pedagang Al Quran Readpen PQ15

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *