Cara Menghindari Jetlag Untuk Jamaah Haji - Umroh

Menghindari jetlag untuk jamaah haji

Pengertian Jetlag. Apa itu jetlag ? Jetlag adalah kondisi fisik yang belum bisa beradaptasi karena tubuh berada di lokasi dengan perbedaan waktu yang ekstrim secara mendadak. Jetlag biasanya terjadi setelah seseorang mengikuti rute penerbangan yang jauh. Seperti rute penerbangan Jakarta – Jeddah (Arab Saudi), dimana perbedaan waktu antara Jakarta dengan Jeddah cukup besar yaitu sekitar 4 jam.

cara menghindari jetlag jamaah haji

Orang yang mengalami jetlag biasanya merasa pusing, mual-mual, mudah lelah, tidak nafsu makan, mudah marah, serta waktu tidur dan bangun yang kacau. Jamaah calon haji atau umroh termasuk yang rentan terkena jetlag. Pertama karena banyak jamaah calon haji yang usianya sudah tua dan kondisi fisik kurang prima. Selain itu juga karena minimnya pengetahuan tentang bagaimana cara menghindari jetlag untuk jamaah haji.

Baca juga : Perlengkapan kecil yang wajib di bawa saat umroh

Bagi jamaah haji dari Indonesia ada dua macam jetlag. Pertama jetlag setibanya di Arab Saudi dari Indonesia (berangkat), kedua jetlag setibanya di Indonesia dari Arab Saudi (pulang). Yang sering jadi keluhan adalah jetlag yang pertama karena jamaah haji sudah langsung disibukkan dengan kegiatan ibadah di tanah suci.

Berikut adalah cara menghindari jetlag untuk jamaah haji dan umroh yang akan berangkat ke tanah suci.

1. Pertama, atur jam tangan Anda mengikuti waktu Arab Saudi. Selisih waktu antara Indonesia WIB dengan Arab Saudi adalah sekitar 4 jam.

2. Usahakan beristirahat sebelum naik pesawat dengan mengikuti waktu istirahat di Saudi. Demikian pula saat di pesawat usahakan waktu tidur atau terjaga mengikuti waktu di Saudi.

3. Setelah tiba di Saudi usahakan berada di luar ruangan saat pagi hari dan kurangi berada di luar ruangan saat sore hari. Ini penting untuk proses adaptasi.

4. Jangan langsung begadang hanya karena di Saudi masih ramai sementara di Indonesia sudah larut malam. Jamaah haji jangan melakukan aktifitas berlebihan pada hari-hari pertama. Lakukan proses adaptasi secara bertahap.

5. Minum air yang cukup untuk mempercepat metabolisme tubuh. Bisa minum jus atau sari buah yang segar.

Sindrom jetlag bisa bervariasi antara jamaah yang satu dengan yang lain, yaitu antara 1 sampai 3 hari. Tergantung pada kondisi fisik masing-masing jamaah dan antisipasi yang dilakukan.

Itulah cara mudah menghindari jetlag untuk jamaah haji Indonesia pada saat berangkat.

0 Response to "Cara Menghindari Jetlag Untuk Jamaah Haji - Umroh"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *