Tips Berkomunikasi Murah di Tanah Suci

Berkomunikasi biaya murah di tanah suci

Kemajuan teknologi memungkinkan jamaah haji yang ada di tanah suci bisa berkomunikasi dengan mudah ke saudara atau kerabatnya di tanah air. Yakni dengan memanfaatkan jaringan internet ataupun telepon seluler. Komunikasi bisa dilakukan dalam bentuk sambungan telepon, chatting, email, serta video call. Dan sejauh ini yang paling populer adalah komunikasi dalam bentuk sambungan telepon.

tips menelepon murah jamaah haji di tanah suci

Walaupun tujuan utama setiap jamaah di sana adalah untuk beribadah, namun bukan berarti komunikasi dikesampingkan. Kadang-kadang karena satu dan lain hal, ada saja jamaah haji yang merasa perlu untuk menelepon keluarganya di tanah air. 

Masalahnya keasyikan menelepon bisa membuat dompet jamaah terkuras. Bagaimanapun biaya sambungan telepon interlokal Arab Saudi – Indonesia pasti lebih mahal dari pada misalnya sambungan telepon lokal Jakarta – Depok. Kemajuan teknologi memang memudahkan kita dalam berkomunikasi, tapi tentang “biaya” berkomunikasi itu soal lain. Simak juga : Perlengkapan kecil yang wajib dibawa saat umroh

Jadi apa yang harus dilakukan jamaah haji jika yang bersangkutan ingin menelepon keluarganya tapi dengan biaya yang murah ? Nah berikut adalah tips berkomunikasi biaya murah bagi jamaah haji di tanah suci yang ingin menelepon keluarganya di tanah air. 

1. Bicara seperlunya. Yang paling utama adalah membatasi diri dengan bicara seperlunya saja. Jauhi obrolan yang tidak bermanfaat dan bisa mengurangi keutamaan dalam beribadah haji. Buat catatan kecil tentang hal apa saja yang mau dibicarakan, sehingga saat menelepon bisa langsung ke topik yang ingin disampaikan. Bicara seperlunya bisa berupa membatasi “waktu bicara” ataupun membatasi “tema pembicaraan”. 

2. Mengganti kartu SIM. Bagi jamaah haji yang membawa hp atau telepon seluler sebaiknya segera mengganti kartu SIM tanah air dengan kartu SIM Arab Saudi. Biaya mengganti kartu SIM lokal Saudi lebih murah dari pada biaya jika tetap menggunakan kartu SIM dari tanah air. Jangan lupa segera beritahukan sanak keluarga tentang pergantian kartu SIM / nomor hp tersebut.  

3. Pilih SMS. Jika tidak terlalu mendesak sebaiknya menggunakan layanan pesan singkat (SMS dll) dalam berkomunikasi. Karena biaya SMS jauh lebih murah dari pada sambugan telepon.  

Berkomunikasi hanya pada waktu senggang

Niat awal setiap jamaah datang jauh-jauh dari Indonesia ke tanah suci Mekkah atau Madinah adalah untuk beribadah haji. Karena itu jangan sia-siakan niat mulia itu dengan pembicaraan atau hal-hal yang tidak perlu. 

Manfaatkan waktu yang singkat di tanah suci untuk sepenuhnya beribadah memenuhi panggilan Allah SWT. Tunaikan rukun Islam yang kelima dengan sebaik-baiknya. Berkomunikasi dengan keluarga ditanah air mungkin perlu, tapi itu bisa disambung kapan saja setelah semua rangkaian ibadah haji dilakukan. Baca juga : Cara menghindari jetlag untuk jamaah haji – umroh.

Itulah tips berkomunikasi murah ditanah suci bagi jamaah haji. Jika Anda punya tips yang lain, silakan berbagi pada kami. 


0 Response to "Tips Berkomunikasi Murah di Tanah Suci"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *