12 Tips Belanja Murah di Tanah Abang dan Mangga Dua


Belanja di Tanah Abang dan Mangga Dua

Tanah Abang dan Mangga Dua, siapa yang tidak kenal dua tempat belanja murah di Jakarta ini ? Kedua tempat ini bahkan sudah terkenal sampai manca negara. Tanah Abang bahkan dikenal sebagai grosir pakaian dan kain terbesar se Asia Tenggara. Jika Anda tinggal di luar kota, dan berencana liburan sekaligus wisata belanja ke Jakarta, maka kedua tempat belanja tersebut sebaiknya masuk dalam daftar tujuan yang akan Anda kunjungi.

belanja murah di tanah abang dan mangga dua

Bagi para penggemar wisata belanja, Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua memang teramat sayang untuk dilewatkan. Tapi jika Anda belum pernah datang ke dua lokasi tersebut dan baru pertama kali akan berkunjung ke sana, ada baiknya menyimak tips belanja di Tanah Abang dan Mangga Dua berikut ini.

1. Pilih waktu berbelanja yang tepat. Berbelanja di waktu yang tepat akan membuat Anda lebih leluasa dalam menemukan barang yang diidamkan. Sebagai informasi, kawasan bisnis Mangga Dua buka sejak pukul 8 pagi, walaupun ada juga toko yang sudah buka pada pukul 07.00. Perlu diingat sebagian besar toko di kawasan belanja ini tutup sekitar jam 6 sore. Menjelang magrib. toko-toko sudah mulai tutup. Sebagian toko ada yang bertahan sampai pukul 8 malam.

Sementara di Pasar Tanah Abang, geliat bisnis sudah terasa bahkan sejak subuh. Siang hari sebagian besar toko sudah mulai membereskan barang dagangan. Saat magrib, toko-toko sudah tutup.

Pada hari libur kedua tempat belanja murah di Jakarta ini sangat ramai. Jika Anda tidak ingin berdesak-desakan saat berbelanja, datanglah pada hari kerja antara Senin sampai Jumat, bukan di akhir pekan. Suasana juga masih sepi di pagi hari, saat toko-toko mulai baru buka. Apalagi jika Anda berbelanja saat toko-toko baru buka, pedagang biasanya lebih bermurah hati memberikan harga.

2. Barang bawaan seperlunya. Jangan membawa banyak barang bawaan dari rumah saat berbelanja di Pasar Tanah Abang maupun di Mangga Dua. Sebab nantinya Anda akan kerepotan untuk membawa barang hasil belanjaan. Cukuplah membawa barang-barang penting saja, seperti uang, kartu ATM, atau bolehlah handuk kecil. Bawa semua keperluan Anda dalam tas kecil saja.

3. Buat daftar belanja. Kawasan belanja Tanah Abang dan Mangga Dua sangat luas. Sebelum pergi, sebaiknya buat terlebih dahulu daftar barang yang akan Anda beli. Sehingga dari daftar tersebut, Anda tahu mana prioritas barang yang Anda anggap lebih penting. Jika Anda sudah tahu apa yang ingin Anda beli terlebih dahulu, tentu akan menghemat waktu saat mencari kios yang menjual barang yang akan Anda beli. Siapkan pula uang sesuai dengan daftar barang yang akan Anda beli.

4. Bawa uang tunai. Tidak semua kios di kawasan bisnis Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang memiliki alat pembayaran untuk kartu kredit atau kartu debet. Jadi siapkan juga uang tunai yang cukup. Jangan membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Jika uang tunai Anda habis, jangan panik, gerai-gerai ATM menyebar di tempat-tempat belanja.

5. Awas copet ! Hati-hatilah saat berbelanja di dua tempat belanja tersebut. Baik kawasan bisnis Mangga Dua dan Pasar Tanah Abang selalu ramai dipadati pengunjung. Diantara pengunjung ada yang berniat mencopet. Sebaiknya sebarkan uang Anda di beberapa tempat, misalnya di dompet, tas, dan kantung. Jangan taruh semua uang di dompet atau pada satu tempat. Dan jangan taruh dompet di saku belakang.

6. Bawa tas belanja. Jika Anda hanya berbelanja dalam jumlah kecil, bukan grosiran, ada baiknya Anda membawa tas belanja sendiri yang terbuat dari kain. Gunanya adalah, saat belanja, biasanya barang pembelian Anda akan ditaruh di kantong plastik ukuran kecil. Tentu saja susah untuk membawanya jika kantong plastik belanjaan itu jumlahnya banyak. Oleh karena itu, taruh belanjaan Anda di tas belanja untuk memudahkan Anda membawa barang-barang belanjaan.

7. Menawar sebelum membeli. Untuk mendapatkan harga barang yang murah biasakan menawar sebelum membeli. Namun menawarlah seperlunya saja, karena harga di Mangga Dua maupun Tanah Abang rata-rata sudah murah. Tawarlah jika Anda memang yakin untuk membeli. Bila Anda hanya ingin sekadar tahu harganya, Anda dapat menanyakannya. Bila pedagang memaksa untuk Anda menawar, bilang saja bahwa Anda ingin lihat-lihat terlebih dahulu. Pedagang biasanya kesal jika Anda sudah menawar dan mendapatkan harga terbaik namun Anda tidak membeli.

8. Belanjalah dalam jumlah banyak. Biasanya di beberapa kios Tanah Abang dan Mangga dua memang menawarkan harga lebih murah jika membeli secara grosiran, misalnya beli minimum 1 lusin. Datang saja dalam rombongan. Sehingga jika berminat dengan barang yang serupa, Anda bisa membeli dalam jumlah banyak.

9. Cari kios langganan. Jalinlah hubungan yang baik dengan pedagang. Jika Anda menemukan pedagang yang cocok, setelah berbelanja lakukan sedikit perbincangan dengan pedagang tersebut. Jadilah langganan jika Anda sudah cocok dengan barang maupun pedagang di kios tersebut. Dengan menjadi pelanggan tetap, mereka tidak akan segan memberikan prioritas informasi barang baru dan kemungkinan Anda bisa mendapatkan harga spesial.

10. Penginapan untuk pengunjung luar kota. Jika Anda datang dari luar daerah Jakarta, menginap di seputar Mangga Dua ataupun Pasar Tanah Abang menjadi pilihan yang paling tepat. Apalagi bila memang tujuan utama Anda adalah untuk berbelanja.

Di Pasar Tanah Abang, terdapat banyak penginapan mulai dari melati sampai hotel berbintang. Ada pula penginapan sederhana berupa kost-kostan yang berada di satu ruko dengan jasa pengiriman barang.

Sementara di Mangga Dua, hotel melati sampai berbintang pun banyak. Tinggal pilih yang sesuai bujet Anda. Pastikan bahwa Anda menginap di hotel yang dekat dengan pusat perbelanjaan. Oleh karena itu, sebelum memesan tanyakan jarak antara hotel ke pusat perbelanjaan.

Juga, cari tempat menginap yang nyaman, aman, dan bersih. Sebelum berbelanja, bisa saja Anda mencari terlebih dahulu tempat menginap dan lihat secara langsung kondisi kamar tidur serta kamar mandi.

Hindari hotel-hotel yang disalahgunakan sebagai tempat mesum. Di daerah-daerah ini, ada beberapa hotel mesum. Ada baiknya Anda menginap di hotel-hotel yang memang telah direkomendasikan.

11. Makan. Sangat mudah mencari makanan di kawasan Mangga Dua. Bahkan di pusat-pusat perbelanjaan seperti ITC Mangga Dua sampai Orion Mall, Anda dengan mudah menemukan kios-kios pedagang makanan di setiap lantai.

Ada warung-warung sederhana menjual nasi campur sampai restoran cepat saji. Namun pastikan pula bahwa tempat makan tersebut menyajikan menu halal atau tidak. Bisa dibilang kawasan Mangga Dua juga cocok untuk wisata kuliner.

Beberapa pusat perbelanjaan juga menjadi lokasi beberapa restoran yang sering direkomendasikan. Dari warung pinggir jalan berupa gerobak mi ayam, kios nasi campur di dalam pusat perbelanjaan, sampai restoran mewah di dalam mal. Anda tinggal pilih saja.

12. Transportasi. Menuju Pasar Tanah Abang maupun Mangga Dua sangat mudah. Jika tidak mau repot bisa saja dengan naik taksi. Namun dengan transportasi umum pun bisa. Salah satunya dengan naik Trans Jakarta.

Untuk ke Mangga Dua, Anda bisa naik bus Trans Jakarta dan turun di halte Mangga Dua dengan rute koridor 5 (Kampung Melayu-Ancol). Sementara ke Pasar Tanah Abang, Anda bisa turun di halte Bundaran HI melalui koridor 1 (Blok M – Kota), lalu lanjutkan perjalanan dengan Kopaja atau Metro Mini ke arah Pasar Tanah Abang.

Itulah 12 tips berbelanja di kawasan belanja Tanah Abang dan Mangga Dua - Jakarta. Jika Anda punya tips yang lain silakan menambahkan. (Referensi : Kompas)

1 Response to "12 Tips Belanja Murah di Tanah Abang dan Mangga Dua"

  1. Makan mah jangan dimasukkin jga bro, itu sudah kebutuhan makhluk hidup untuk mengkonsumsinya :D hehe

    #just kidding bro :D

    Belanja Alat ukur dan Thermal Camera Hanya di dutapersada.co.id

    ReplyDelete

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *