3 Macam Hoax dan Cara Mengenalinya Menurut Aktivis SAFEnet


Cara mengenali hoax dan macam-macam hoax

Apa itu hoax ?

Hoax menjadi perbincangan hangat di media massa maupun media sosial belakangan ini karena dianggap meresahkan publik dengan informasi yang tidak bisa dipastikan kebenarannya.

Istilah hoax, kabar bohong, menurut Lynda Walsh dalam buku "Sins Against Science", merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang masuk sejak era industri, diperkirakan pertama kali muncul pada 1808.

Asal kata "hoax" diyakini ada sejak ratusan tahun sebelumnya, yakni "hocus" dari mantra "hocus pocus", frasa yang kerap disebut oleh pesulap, serupa "sim salabim".

Cara mengenali Hoax menurut aktivis SAFEnet

Berita palsu atau hoax kerap beredar di dunia maya dan bukan hal baru di media sosial, menurut aktivis Southeast Asia Freedom of Expression (SAFEnet) Damar Juniarto.

Macam-macam hoax

Damar Juniarto mengatakan ada tiga macam fake news atau berita palsu, ada yang bertujuan untuk hiburan dan ada juga yang bertujuan politis.

1. Berita palsu ada yang dibuat untuk hiburan atau sekedar "lucu-lucuan", bentuknya bisa berupa meme, pesan berantai atau infografis.

Berita seperti itu dibuat sebagai candaan dan tidak perlu ada penindakan hukum.

2. Berita palsu yang dibuat untuk meraup keuntungan dengan mengundang "clickbait". Informasi seperti ini dibuat dengan memelintir berita atau informasi sehingga seolah betul-betul terjadi.

Informasi seperti itu harus dipilah lagi karena bermuatan merugikan orang lain.

3. Berita palsu atau hoax yang merupakan strategi politik untuk menjatuhkan lawan, disinformasi bahkan diarahkan ke segregasi sosial.

"Ini yang perlu kehadiran penegakan hukum yang tegas," kata dia

Ketahui ciri-ciri hoax

Selanjutnya Damar Julianto menjelaskan ada beberapa hal yang perlu dicurigai pembaca bila mendapatkan informasi, yang berpotensi hoax.

1. Berita hoax umumnya tidak mencantumkan sumber berita yang tidak valid atau tidak bisa diverifikasi.

2. Berita juga cenderung tidak memuat dari sisi yang berlawanan atau "cover both side" dan ditulis dengan nada tendensius.

3. Terakhir, berita hoax kerap menampilkan narasumber anonim.

Sumber : Antara

0 Response to "3 Macam Hoax dan Cara Mengenalinya Menurut Aktivis SAFEnet "

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *