Cara Mudah Mendeteksi Boraks Pada Bakso Dengan Tusuk Gigi Dan Kunyit

cara mengetahui boraks pada bakso

Cara mendeteksi boraks pada bakso dengan tusuk gigi dan kunyit

Suka makan bakso ? Kalau iya tulisan ini perlu kalian simak baik-baik.

Bakso merupakan jajanan populer di masyarakat kita. Tua-muda, laki-laki dan perempuan, anak-anak dan dewasa, banyak yang suka makan bakso. Tapi hati-hati karena ada bakso yang tanpa boraks, ada pula bakso yang yang mengandung boraks. Semua tergantung pada kejujuran penjualnya. Bagaimana cara mengetahui kandungan boraks pada bakso ?

Hmm… ternyata cara mendeteksi kandungan boraks pada bakso atau makanan apapun, amat sangat mudah yaitu dengan menggunakan tusuk gigi dan kunyit. Cara ini ditemukan oleh dua siswi SMAN 3 Semarang, Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila.

Konkretnya begini : jika kalian penggemar bakso maka disarankan membawa tusuk gigi dan kunyit kemana kalian pergi. Nah, saat beli bakso, jangan lupa tusukkan "Tusuk Gigi" ke Kunyit terlebih dahulu, setelah itu tusukkan pada makanan yangg akan diuji selama 5 detik, maka akan kelihatan apakah makanan tersebut mengandung Boraks atau Tidak, karena Kunyit akan bereaksi terhadap bahan kimia. Bila bakso atau makanan tersebut mengandung boraks, maka tusuk gigi tersebut akan berwarna Merah.

Dayu Laras Wening dan Luthfia Adila menamakan temuannya dengan SIBODEX (Stick of Borax Detector). Dan temuan dua siswi SMA ini berhasil menyabet medali emas pada International Exhibition for Young Inventors (IEYI) 2014, sebuah ajang kompetisi inovasi anak...

Penemuan cara mendeteksi boraks pada bakso ini tentunya sangat membantu para penggemar jajanan tersebut. Setidaknya mereka dapat menikmati bakso tanpa rasa khawatir ada kandungan boraks didalamnya.

Hmm … saya jadi membayangkan seandainya dibuat aturan agar semua penjual bakso menyediakan tusuk gigi dan kunyit untuk membuktikan bahwa bakso yang mereka jual terbebas dari zat berbahaya seperti boraks. Jika ada penjual yang demikian, pasti banyak konsumen yang salut dan respek pada “kejujuran” sang pedagang bakso tersebut.

Dan buat penggemar bakso tolong di share ya agar orang  lain juga tau tentang hal sederhana yang bermanfaat ini. (dari Grup Whatsapp)

0 Response to "Cara Mudah Mendeteksi Boraks Pada Bakso Dengan Tusuk Gigi Dan Kunyit"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *