Belajar Internet Marketing Basics

Belajar Internet Marketing Basics

Dunia Online. Seperti diketahui bersama, bisnis biasa sangat tergantung pada bangunan fisik, seperti kantor atau toko. Apapun itu barang dan jasa yang kita jual. Dengan internet, lalu terjadi banyak sekali perubahan di dunia bisnis. Internet memungkinkan bisnis kita menjangkau calon pelanggan secara massal, tanpa dibatasi ruang. Jika Anda berniat menjadi salah satu pemainnya, maka Anda kelak dapat menjual apapun dan dimanapun.

Namun membangun bisnis di dunia online bukanlah hal mudah. Dunia bisnis online lebih kompleks dari sekedar yang kita bayangkan. Itulah mengapa kita perlu memahami dasar internet marketing yang kuat. Benar, internet marketing adalah dua kata sederhana. Namun bila dua kata itu disatukan ia akan mencakup beberapa materi yang perlu Anda perhatikan. Misalnya bagaimana riset pasar yang benar, apa pentingnya menguasai SEO (search engine optimization), konten, promosi web dan lain-lain.

Riset Pasar


Pertama-tama Anda harus menentukan pasar Anda terlebih dahulu, kemudian memikirkan bagaimana caranya mencapai pasar tersebut. Dalam dunia internet marketing, pasar itu sama dengan kata kunci atau keywords.

Dua kata yang
terpenting dalam riset pasar adalah target dan pencapaian. Riset pasar yang baik harus mampu mencapai target yang ditentukan. Dalam hal ini, target Anda akan sangat bergantung pada kelebihan apa yang bisa Anda berikan kepada publik.

Optimasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization


Ada dua jenis search engine, yaitu: directory search engine dan PPC (pay per click) engine. Kalau kita mengetikan sebuah kata kunci tertentu di search engine Google misalnya, hasil directory engine akan muncul disebelah kiri. Sedangkan hasil PPC engine akan muncul di sebelah kanannya.

Dewasa ini keberadaan mesin pencari ini sangat penting. Sebagian besar bisnis modern mungkin tidak akan berjalan  tanpa search engine, karena itu adalah cara paling efektif untuk mempromosikan bisnis.  

Directory search engines ini gratis. Namun Anda memerlukan banyak keuletan dan kesabaran untuk berhasil dan sukses. Anda harus menunggu selama beberapa bulan sebelum situs Anda muncul dan eksis disini. Posisi situs Anda fluktuatif. Ia dapat berubah setiap saat karena mesin pencari ini selalu merubah indeks dan aturan peringkat mereka kapan saja.

PPC engines perlu biaya cukup mahal tapi lebih mudah untuk digunakan. Anda dapat meraih angka penjualan yang lebih tinggi dengan hasil yang cepat dan mantap.

Konten


Tentu saja situs kita perlu diisi dengan konten yang bagus dan banyak pencarinya di internet. Misalnya katalog barang, penjelasan dan harganya.

Promosi 


Pastikan bahwa Anda juga mempromosikan situs Anda secara online. Misalnya dengan blog walking and commenting, bookmarking, article submission dan lain-lain. Kalau situs anda bagus tapi tak ada orang yang mengetahuinya, sayang ‘kan ?

Sama seperti bisnis off line, internet marketing juga memerlukan banyak pemikiran, tenaga, dan waktu. Jika Anda mencurahkan semua aspek dengan tepat, kelak semua usaha Anda akan memberikan hasil yang layak dan sepadan. 



0 Response to "Belajar Internet Marketing Basics"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *