Strategi Internet Marketing : Planning, Action, Response
Strategi Internet Marketing : Planning, Action, Response
Dunia Online. Coba
Anda bandingkan mana yang lebih baik, sebuah toko hewan peliharaan tradisional
atau toko hewan peliharaan secara online? Dengan
membandingkan kedua contoh ini, nanti
Anda akan dapat mengetahui mengapa internet marketing sangat populer di
kalangan pengusaha dan calon internet marketer. Nah, simak dan lihat perbedaan besar berikut ini.
Jika Anda memilih toko hewan peliharaan tradisional sebagai lahan investasi bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.
Jika Anda memilih toko hewan peliharaan tradisional sebagai lahan investasi bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan.
Pertama, Anda perlu mendapatkan surat
izin usaha dari pemerintah daerah dan bagian ijin usaha Departemen
Perdagangan RI.
Kedua, karena Anda menjalankan sebuah toko hewan
peliharaan, maka Anda juga perlu mendapatkan izin dari Departemen Kesehatan RI yang menyatakan bahwa semua produk hewan peliharaan
Anda memenuhi
syarat-syarat kesehatan dan berasal dari sumber yang terpercaya.
Ketiga, Anda juga perlu memiliki bangunan fisik yang akan
berfungsi sebagai toko Anda. Baik itu dengan cara menyewa ataupun membangun sendiri.
Keempat, agar toko Anda menjadi
populer, Anda perlu mempopulerkannya melalui surat
kabar lokal atau menempatkan beberapa banner iklan di depan
toko hewan peliharaan Anda
dan di lokasi lain yang strategis.
Semua hal diatas membutuhkan puluhan hingga ratusan juta rupiah sebelum Anda dapat
mengoperasikan toko hewan peliharaan tradisional Anda itu.
Pada
sisi lain, membangun sebuah toko hewan peliharaan secara online mengharuskan
Anda untuk memiliki website yang terdaftar dengan domain pilihan
Anda sendiri.
Biaya yang dikenakan jauh lebih sedikit
dibandingkan dengan membangun atau menyewa toko secara fisik. Website
tersebut akan berfungsi sebagai toko hewan peliharaan milik Anda sendiri. Anda akan mengisi website tersebut dengan katalog yang berisi penjelasan singkat tentang produk hewan
peliharaan Anda berikut harganya.
Kalau
ada pelanggan yang mau beli bagaimana ? Nah, pelanggan Anda
dapat menggunakan keranjang belanja online untuk menempatkan barang-barang yang ingin mereka beli. Semua transaksi online dan pembayaran dapat
dilakukan melalui kartu kredit, atau
transfer sehingga tidak ada tagihan rupiah yang besar untuk ditangani.
Untuk
mempopulerkan situs tersebut, Anda dapat melakukannya melalui beberapa
cara. Misalnya, Anda dapat mengiklankan situs Anda melalui biro iklan. Anda dapat pula mempromosikannya dengan blog commenting, bookmarking,
menulis artikel dan mengirimkanya ke direktori
artikel, aktif di forum dan lain-lain.
Disamping
dari penjualan secara online, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan lain dari situs tersebut. Yaitu dengan
memfungsikan situs tersebut pada program affiliate marketing.
Dengan
melihat pada dua contoh diatas, Anda akan tahu bahwa internet
marketing memiliki keunggulan atas bisnis tradisional. Anda tidak hanya akan menghemat waktu
dan usaha dalam memasarkan produk Anda
melalui Internet.
Tapi anda juga dapat memperoleh income tambahan melalui program pemasaran
berbasis internet yang sudah ada.
Internet marketing adalah bisnis rumahan murni
yang tidak memerlukan kantor dan karyawan. Anda tidak perlu menempuh perjalanan selama berjam-jam menghadapi kemacetan
lalu lintas.
Anda juga tidak perlu menembus hujan dan terik matahari. Yang perlu Anda
miliki adalah beberapa kamar tambahan yang akan
berfungsi sebagai "kantor" dan komputer yang terhubung ke Internet. Anda akan mampu menghasilkan ratusan ribu sampai jutaan rupiah dengan hanya
bekerja di depan komputer pribadi Anda.
Namun,
sebelum Anda akan mampu menghasilkan jutaan rupiah dan membangun “kerajaan” Internet marketing itu, Anda harus
memiliki strategi internet
marketing yang baik yang akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan
Anda. Tanpa strategi ini,
peluang untuk memperoleh penghasilan lebih akan terbuang sedikit demi sedikit.
Ada
banyak "strategi internet marketing terbaik" yang dapat Anda gunakan,
saya merangkumnya dalam tiga strategi internet marketing sederhana.
1. Perencanaan
Anda perlu untuk merencanakan kegiatan internet marketing Anda. Ada beberapa pertanyaan untuk membantu
Anda sampai pada rencana internet marketing yang konkret dan efektif. Seperti, Apa yang ingin Anda lakukan? Apa yang Anda tawarkan untuk dijual?
Bagaimana Anda akan memasarkan produk atau jasa Anda? Setelah Anda menemukan
jawaban atas pertanyaan ini, Anda dapat membuat rencana untuk bisnis internet
Anda.
2. Aksi atau tindakan
Anda perlu mengambil tindakan. Jangan biarkan rencana yang telah dirumuskan hanya sebagai rencana
selamanya. Anda perlu mewujudkan kata-kata dari rencana Anda
ke dalam tindakan nyata
sehingga Anda akan melihat apakah rencana itu bekerja atau tidak.
3. Response
Jangan tuli
terhadap kritik dan saran yang diungkapkan
oleh teman dan klien Anda. Belajarlah untuk segera merespon umpan
balik mereka sehingga Anda bisa menyimpulkan apakah Anda
memperoleh hasil negatif atau positif. Bila Anda memperoleh
hasil negatif, segera untuk mengubah
pendekatan Anda.
Akhirnya,
rahasia sukses
bisnis internet marketing Anda akan berpijak pada strategi terbaik
yang Anda gunakan. Semua
strategi yang lainnya akan datang menyusul selama Anda tetap
pada strategi dasar yang baik dalam menjalankan bisnis internet marketing Anda.
0 Response to "Strategi Internet Marketing : Planning, Action, Response"
Post a Comment
Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...