Strategi Internet Marketing : Planning, Action, Response



Strategi Internet Marketing : Planning, Action, Response

Dunia Online. Coba Anda bandingkan mana yang lebih baik, sebuah toko hewan peliharaan tradisional atau toko hewan peliharaan secara online? Dengan membandingkan kedua contoh ini, nanti Anda akan dapat mengetahui mengapa internet marketing sangat populer di kalangan pengusaha dan calon internet marketer. Nah, simak dan lihat perbedaan besar berikut ini.

Jika Anda memilih toko hewan peliharaan tradisional sebagai lahan investasi bisnis Anda, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan

Pertama, Anda perlu mendapatkan surat izin usaha dari pemerintah daerah dan bagian ijin usaha Departemen Perdagangan RI


Kedua, karena Anda menjalankan sebuah toko hewan peliharaan, maka Anda juga perlu mendapatkan izin dari Departemen Kesehatan RI yang menyatakan bahwa semua produk hewan peliharaan Anda memenuhi syarat-syarat kesehatan dan berasal dari sumber yang terpercaya

Ketiga, Anda juga perlu memiliki bangunan fisik yang akan berfungsi sebagai toko Anda. Baik itu dengan cara menyewa ataupun membangun sendiri

Keempat, agar toko Anda menjadi populer, Anda perlu mempopulerkannya melalui surat kabar lokal atau menempatkan beberapa banner iklan di depan toko hewan peliharaan Anda dan di lokasi lain yang strategis

Semua hal diatas membutuhkan puluhan hingga ratusan juta rupiah sebelum Anda dapat mengoperasikan toko hewan peliharaan tradisional Anda itu.

Pada sisi lain, membangun sebuah toko hewan peliharaan secara online mengharuskan Anda untuk memiliki website yang terdaftar dengan domain pilihan Anda sendiri. Biaya yang dikenakan jauh lebih sedikit dibandingkan dengan membangun atau menyewa toko secara fisik. Website tersebut akan berfungsi sebagai toko hewan peliharaan milik Anda sendiri. Anda akan mengisi website tersebut dengan katalog yang berisi penjelasan singkat tentang produk hewan peliharaan Anda berikut harganya.

Kalau ada pelanggan yang mau beli bagaimana ? Nah, pelanggan Anda dapat menggunakan keranjang belanja online untuk menempatkan barang-barang yang ingin mereka beli. Semua transaksi online dan pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit, atau transfer sehingga tidak ada tagihan rupiah yang besar untuk ditangani. 

Untuk mempopulerkan situs tersebut, Anda dapat melakukannya melalui beberapa cara.  Misalnya, Anda dapat mengiklankan situs Anda melalui biro iklan. Anda dapat pula mempromosikannya dengan blog commenting, bookmarking, menulis artikel dan mengirimkanya ke direktori artikel, aktif di forum dan lain-lain

Disamping dari penjualan secara online, Anda juga memiliki kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan lain dari situs tersebut. Yaitu dengan memfungsikan situs tersebut pada program affiliate marketing.

Dengan melihat pada dua contoh diatas, Anda akan tahu bahwa internet marketing memiliki keunggulan atas bisnis tradisional. Anda tidak hanya akan menghemat waktu dan usaha dalam memasarkan produk Anda melalui Internet. Tapi anda juga dapat memperoleh income tambahan melalui program pemasaran berbasis internet yang sudah ada.

Internet marketing adalah bisnis rumahan murni yang tidak memerlukan kantor dan karyawan. Anda tidak perlu menempuh perjalanan selama berjam-jam menghadapi kemacetan lalu lintas. Anda juga tidak perlu menembus hujan dan terik matahari. Yang perlu Anda miliki adalah beberapa kamar tambahan yang akan berfungsi sebagai "kantor" dan komputer yang terhubung ke Internet. Anda akan mampu menghasilkan ratusan ribu sampai jutaan rupiah dengan hanya bekerja di depan komputer pribadi Anda.

Namun, sebelum Anda akan mampu menghasilkan jutaan rupiah dan membangun kerajaan” Internet marketing itu, Anda harus memiliki strategi internet marketing yang baik yang akan membantu Anda mencapai tujuan keuangan Anda. Tanpa strategi ini, peluang untuk memperoleh penghasilan lebih akan terbuang sedikit demi sedikit.

Ada banyak "strategi internet marketing terbaik" yang dapat Anda gunakan, saya merangkumnya dalam tiga strategi internet marketing sederhana.

1. Perencanaan
Anda perlu untuk merencanakan kegiatan internet marketing Anda. Ada beberapa pertanyaan untuk membantu Anda sampai pada rencana internet marketing yang konkret dan efektif. Seperti, Apa yang ingin Anda lakukan? Apa yang Anda tawarkan untuk dijual? Bagaimana Anda akan memasarkan produk atau jasa Anda? Setelah Anda menemukan jawaban atas pertanyaan ini, Anda dapat membuat rencana untuk bisnis internet Anda.

2. Aksi atau tindakan
Anda perlu mengambil tindakan. Jangan biarkan rencana yang telah dirumuskan hanya sebagai rencana selamanya. Anda perlu mewujudkan kata-kata dari rencana Anda ke dalam tindakan nyata sehingga Anda akan melihat apakah rencana itu bekerja atau tidak.

3. Response
Jangan tuli terhadap kritik dan saran yang diungkapkan oleh teman dan klien Anda. Belajarlah untuk segera merespon umpan balik mereka sehingga Anda bisa menyimpulkan apakah Anda memperoleh hasil negatif atau positif. Bila Anda memperoleh hasil negatif, segera untuk mengubah pendekatan Anda.

Akhirnya, rahasia sukses bisnis internet marketing Anda akan berpijak pada strategi terbaik yang Anda gunakan. Semua strategi yang lainnya akan datang menyusul selama Anda tetap pada strategi dasar yang baik dalam menjalankan bisnis internet marketing Anda.




0 Response to "Strategi Internet Marketing : Planning, Action, Response"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *