Baju Motif Kotak-kotak : Trend dan Maknanya

Masih ingat dengan trend baju kotak-kotak ala Jokowi-Ahok di Pilkada DKI lalu ? Hmm ... tidak terasa sebentar lagi di 2017, ibukota Jakarta sudah mau pilkada lagi.

Trend berpakaian dengan baju motif kotak-kotak, naik pamornya setelah motif tersebut dipakai sebagai baju kampanye Cagub dan Cawagub Joko Widodo dan Basuki Cahaya Purnama (Ahok) dalam Pemilukada DKI Jakarta.  Bukan hanya di Jakarta, demam pakaian motif kotak-kotak ini juga melanda sejumlah wilayah di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Kala itu, tidak afdol kiranya jika tidak ikut ambil bagian dalam eforia kemenangan pasangan “Jokowi- Ahok”. Contohnya seperti yang dipakai oleh artis Cinta Laura pada gambar disamping ini.

Baju motif kotak-kotak dan simbol perlawanan

Menurut sejarahnya, baju motif kotak-kotak bukan sekedar motif baju yang terkait dengan keindahan atau kenyamanan berbusana saja. Di dalamnya terdapat banyak cerita dan kisah yang memaknai-nya. Dalam sejarah bangsa Indonesia sendiri misalnya, kita mengenal motif kotak kotak pada kain poleng di Bali yang menjadi perlambang dari dua sisi yang saling melengkapi. Motif kotak-kotak gaya Bali ini sangat dikenal seiring dengan majunya pariwisata di pulau dewata itu.

Di benua Eropa, baju dengan motif kotak-kotak juga populer karena baju motif tersebut menjadi pakaian kebesaran bangsa Skotlandia pada abad ke-17. Motif ini menjadi simbol perlawanan mereka kepada tirani Inggris. Bahkan setelah terjadi pemberontakan 1746, penguasa melarang motif  ini.

Di abad ke-20, baju motif kotak-kotak adalah pilihan berbusana dari para hipster, yaitu para pecinta musik rock yang mencintai kebebasan. Selain itu para cowboy di Amerika juga banyak memakainya.

Akhir dekade 1960-an, gerakan persamaan derajat perempuan mengadopsi motif kotak-kotak untuk melawan budaya patriarki. Dekade 1990-an, flannel kotak-kotak ala penyanyi Kurt Cobain, merupakan simbol perlawanan dari aliran musik “grunge” yang populer kala itu.

Cerita menjadi berbeda ketika kini baju kotak-kotak mengalami komodifikasi. Ia telah menjadi simbol arus utama. Dimata banyak orang, sebagai busana, baju motif kotak-kotak ini tetaplah mencerminkan semangat orang kreatif, menyukai seni, sederhana dan santai.

Baca juga : Fakta Unik dan Menarik Seputar Celana Jeans

Nah, masihkah baju kotak-kotak menjadi trend dalam pilkada DKI ? Kita lihat saja.

0 Response to "Baju Motif Kotak-kotak : Trend dan Maknanya"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *