Fakta Unik dan Menarik Seputar Celana Jeans

Yang unik dan menarik tentang celana jeans

Jaman sekarang siapa yang tidak mengenal celana jeans ? Hampir semua orang mengenal dan menyukai celana fenomenal tersebut. Tapi tahukah Anda bahwa celana dari bahan jeans tersebut menyimpan sejarah panjang dengan beberapa fakta yang menarik dan unik.

celana jeans fakta unik menarik

Berikut beberapa fakta unik dan menarik seputar celana jeans :

1. Awal mula nama “Jeans” berasal dari para pelaut Genoa (Italia), karena mereka menggunakan pakaian berbahan kapas, linen dan campuran wol berwarna biru. Sedangkan kata “denim” berasal dari bahan yang ditemukan di sebuah kota bernama De Nimes di Prancis.

2. Semula jeans tidak terbuat dari kapas. Pada abad ke-18, karena perdagangan dan pertanian kapas sedang booming, maka kapas kemudian menjadi pilihan utama. Para pekerja menggunakan jean karena bahannya yang kuat. Jeans yang mereka pakai biasanya diwarnai dengan warna indigo, yang diambil dari tanaman di Amerika dan India.

3. Pada 1853, Levi Strauss, seorang pedagang berkebangsaan Yahudi-Jerman memulai berdagang jeans berwarna biru dengan nama Levis di San Fransisco. Pada tahun 1981 hak paten Levi Strauss & Co’s untuk jeans dengan keling terbuka untuk umum dan banyak perusahaan memulai untuk mengadopsi konsep yang sama.

4. Tentara Amerika secara tidak langsung ikut mempopulerkan jeans selama perang dunia II. Celana jeans yang saat itu dinamai overalls, sering dipakai tentara Amerika saat mereka tidak bertugas.

5. Pada tahun 1950-an, Jeans menjadi simbol pergerakan dan perlawanan remaja di Amerika. Saat itu para remaja yang menggunakan jeans dilarang memasuki restoran, teater dan sekolah. Aktor Hollywood James Dean kemudian mempopulerkan jeans ketika dia membintangi sebuah film berjudul Rebel Without Cause

6. Orang sering memilah-milah celana jeans menjadi beberapa macam. Berikut macam-macam celana jeans, walaupun tentang hal ini orang bisa berbeda pendapat :

- Skinny Jeans. Model skinny jeans terlihat bagus untuk wanita kurus dengan kaki yang panjang. Karena sifat mengecil mereka, mereka menekankan pada pinggul dan pantat.
- Boot – cut Jeans. Model jeans ini ketat hingga lutut lalu melebar sampai ke bawah. Bagian bawah yang lebar mengalihkan perhatian dari pinggul yang besar.
- Low Rise Jeans. Juga dikenal sebagai low riders, dikenakan di bawah pinggang. Jika Anda ingin memperlihatkan perut yang rata, model celana jeans ini cocok Anda.
- Boyfriend Jeans. Celana ini sempurna untuk wanita dengan bentuk tubuh kotak, bentuk lebar, pinggang tinggi dan kantong besar terlihat pas untuk tubuh yang sehat.
- Cropped. Celana ini terpotong sampai dengan betis atau sedikit di bawah betis, sangat populer untuk semua wanita segala usia. Biasa dipakai pada saat musim panas

7. Di India, ada / dikenal istilah dungarees yaitu setelan denim yang dipakai oleh para kelasi Dhunga.

8. Jeans adalah barang paling dicari di dunia setelah pakaian sehari-hari. Lebih dari 200 potong jeans dapat dibuat dari sekarung kapas.

9. Tanggal 20 Mei ditetapkan sebagai hari kelahiran Blue Jeans (ada-ada saja).

Baca juga : Cara Merawat Celana Jeans Agar Cerah dan Tidak Kusam

Itulah beberapa fakta unik dan menarik seputar celana jeans. Sejarah panjang celana yang sangat populer ini, boleh jadi akan menambah bangga siapapun yang memakainya.

0 Response to "Fakta Unik dan Menarik Seputar Celana Jeans"

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *