Buku Panduan Restoran Halal di Korea Untuk Turis Muslim

Wisatawan muslim yang berkunjung ke negara yang mayoritas penduduknya non-muslim sering menemui kendala soal makanan halal. Termasuk mereka yang berkunjung ke Korea Selatan. Di negeri ginseng tersebut mencari restoran halal menjadi tantangan tersendiri bagi turis muslim.

Seperti diketahui kunjungan wisatawan muslim ke negara itu semakin meningkat. Sebagai contoh, turis muslim dari Asia seperti Indonesia dan Malaysia masuk dalam peringkat 10 besar wisatawan mancanegara yang datang ke Korea Selatan tahun 2015.

Buku tentang makanan dan restoran halal Korea

buku restoran halal di Korea Selatan
Cover depan buku "Muslim Friendly Restaurants in Korea"
Untuk membantu turis muslim mencari makanan halal, Korea Tourism Organization sebuah organisasi Islam yang berdiri pada tahun 1967, beberapa waktu lalu meluncurkan buku panduan (guidebook) tentang restoran mana saja di Korea yang ramah untuk turis muslim. Diharapkan buku ini akan membuat wisatawan Muslim lebih mudah dalam mencari makanan halal di Korea.

Buku berjudul "Muslim Friendly Restaurants in Korea"  ini ditulis dalam bahasa Inggris. Isinya tentang 118 restoran Korea yang ramah bagi keluarga muslim. Seperti restoran Korea yang tidak menyajikan daging babi dan alkohol. Atau restoran yang hanya menyediakan menu sayuran, makanan laut, serta makanan berbahan dasar daging bukan babi.

Ke-118 restoran Korea tersebut dibagi dalam lima kategori berdasarkan tingkat “keramahannya”. Kelima kategori tersebut adalah :

1. Restoran Korea yang bersertifikat halal. Restoran bersertifikasi halal artinya telah memenuhi kriteria halal dari Korea Muslim Federation (KMF). KMF memberikan sertifikasi ini secara ketat kepada restoran yang sudah bisa memenuhi aturan makanan halal.
2. Restoran yang mengklaim menggunakan bahan halal namun belum mendapatkan sertifikasi halal.
3. Restoran yang menyediakan makanan halal namun masih menyediakan alkohol.
4. Restoran yang terbuka untuk Muslim atau restoran yang menyediakan makanan vegetarian.
5. Restoran yang bebas dari kandungan babi.

Selain itu buku tersebut juga berisi aneka tips yang berguna dalam mencari makanan halal, tempat membeli produk halal, serta ulasan dari komunitas muslim yang tinggal di Korea seperti Dubes Oman untuk Korea Selatan, ekspatriat muslim serta mahasiswa yang belajar di Korea.

Baca juga : 4 Kategori Makanan Halal Untuk Wisatawan Muslim di Jepang

Pada akhirnya makanan halal merupakan faktor penting bagi turis Muslim saat mereka memilih destinasi wisata. Bagi Anda yang muslim dan akan ke Korea Selatan buku panduan ini layak dibaca. Penasaran seperti apa buku panduan restoran Korea yang ramah pada pengunjung muslim ? Silakan baca disini atau disini.

0 Response to "Buku Panduan Restoran Halal di Korea Untuk Turis Muslim "

Post a Comment

Silakan meninggalkan komentar yang relevan. Dilarang menaruh link dalam isi komentar ...

Hubungi Kami

Name

Email *

Message *